Jumat, Januari 21, 2011

Pulau Marsegu di Bagian Pulau Seram

Pulau Marsegu merupakan tempat wisata yang terletak di bagian barat Pulau Seram (Nusa Ina/Pulau Ibu) dan pulau ini terkenal memiliki Taman Nasional Manusela. Di Pulau Marsegu ini, kita dapat melihat satwa Kelelawar yang begitu banyak. Kata Marsegu berasal dari bahasa daerah yang berarti Kelelawar.
Pulau ini adalah sebagai tempat rekreasi dan tempat mengembangkan ilmu pengetahuan. Selain satwa kelelawar, kita juga dapat menemui satwa-satwa yang dilindungi seperti Burung Gosong Megaphodius reinwardtii (Maleo) dan Kepiting Kelapa (Birgus latro) atau yang bahasa daerahnya disebut kepiting kenari.
Kawasan hutan lindung Pulau Marsegu mempunyai luas 240,20 Ha. Wilayah lautnya merupakan Taman Wisata Alam Laut seluas 10.000 Ha. Potensi sumber daya alam lautnya cukup besar, dan terdapat terumbu karang yang beraneka warna keindahannya. Namun pada bagian timur dari Pulau Marsegu terdapat vegetasi hutan pantai yang mempunyai pantai pasir putih sepanjang 1600 meter. Jenis vegetasi yang terdapat pada zone ini adalah Cordia subcordata, Pongamia pinnata, Terminalia catappa dan Baringtonia asiatica.
Sedangkan pada bagian utara pantai pasir putih terdapat zone Ipomea pescaprae yang didominasi oleh rumput angin (Spinifex littoreus) dan Katang-katang (Ipomea pescaprae). Lokasi ini merupakan tempat wisata yang menarik untuk menikmati pemandangan laut serta menghirup udara pantai yang segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar