Kamis, Desember 30, 2010

Oleh-Oleh (Makanan Ringan) Khas Ambon


Pernah nyobain makanan khas Maluku? Nah, ini dia kue kering khas Maluku. Di Pasar Mardika di kota Ambon, berjejer toko-toko penjual kue-kue kering khas Maluku.
Pilihan kuenya cukup banyak. Sebagian besar kue itu, saat digigit akan kletak-kletuk, kres!
Ya, kue khas Maluku memang agak keras karena dibuat dari tepung sagu. Contohnya, kue bagea dan serut.
Bagea biasanya berbentuk agak bulat. Warnanya krem pucat. Pertama kali menggigitnya, terasa berat. Kletak!

Begitu juga dengan kue serut yang berwarna coklat dan lonjong. Kue serut rasanya manis dan mirip kue bangket jahe di Jawa.
Selain tepung sagu, kenari juga banyak dijadikan kue. Misalnya, roti kenari. Bentuknya roti kering manis yang ditaburi kenari di atasnya.
Lalu, ada makron. Bentuknya mirip kue kering cokelat chips. Kedua kue ini rasanya tidak sekeras bagea dan serut. Namun, tetap kres, kres.
Mau coba cemilan lain? Ada sagu tuni, halua kenari, dodol durian, kacang kenari, dan sebagainya.
Kalau makanan berat Maluku, justru sebaliknya. Terasa ringan alias empuuuk… Terutama, makanan pokoknya. Ada papeda, kasbi, dan patatas.
Sayangnya, warung atau restoran yang menjual makanan itu tidak banyak. Jadi, jika tidak ada di kota Ambon, mampir saja ke desa lain. Misalnya, ke Tulehu.
Papeda yang seperti lem sangat kental. Rasanya tawar. Cara makannya bisa diseruput atau bisa juga dengan sendok. Sebelum diseruput, diberi kuah dulu. Paling cocok dengan kuah kuning.

Kalau patatas itu ubi, kasbi itu singkong. Keduanya direbus. Lalu, disantap bersama gudangan atau urap. Lauknya aneka ikan, seperti ikan kuah kuning dan ikan mata bulan.
Belum pernah makan ikan dan sayur pakai ubi dan singkong? Makanya, wajib coba!
Jangan lupa pesan colo-colo, sambal khas Maluku. Inilah yang bikin tambah lezat.
Sambal ini campuran irisan bawang merah, cabe rawit, tomat, dan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Wiii… rasanya segar, asam, pedas!
Gimana, tertarik enggak mencicipi sensasi kuliner Maluku yang kletak-kletuk, kres?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar