Selasa, November 16, 2010

Arles Tita Luncurkan Album R & B Cantik


JAKARTA-Penyanyi asal Maluku Arles Tita merilis album perdana bertitel Cantik dalam suatu syukuran sederhana di Jakarta, Selasa (15/11). Pekan depan, albumnya akan dilepas ke publik di beberapa kota, termasuk di Ambon.
Album Cantik berisi delapan judul lagu bergenre R & B Soul. Seluruh lagu diciptakan Arles sepanjang tahun 2010. Beberapa rapper ikut menjadi pendukung yakni Ikbal, Zabin, Adit Angwarmase dan Edeck Janjaan.
Selain lagu andalan Cantik, lagu lainnya adalah Cinta Takan mati (feat Ikbal), Dan Kutau (Kau yang terakhir), Hanya Kau, Jika Ku Tak Ada, Mengagumi Dirimu (feat Zabin), Yang Tak Terlupa (feat Adit Angwarmase). Ada juga satu selipan lagu Rindu Maluku (feat Edeck Janjaan) yang bernafas lokalitas Maluku.
Kepada Balagu di Jakarta, Arles menuturkan, albumnya dikerjakan secara independen, baik sejak merumuskan konsep sampai promosi dan distribusi. Musik dikerjakan di Takaruang Music Lab, sebuah home studio di Yogyakarta. Arles dan Edeck memadukan digital music dengan permainan instrument secara live.
"Beta memainkan sendiri keyboard, gitar, biola, dan sound effect terompet. Efek terompet pakai sisir rambut, terinspirasi Frans Sisir Rumbeno," kata Arles.
Arles berharap, album Cantik dapat memberi hiburan kepada publik, tetapi sekaligus menyuguhkan album R & B Soul sebagai alternatif di tengah semaraknya genre musik pop Indonesia. Selain itu, menurutnya, aliran R & B Soul terasa kosong atau kurang digeluti penyanyi asal Maluku. Sebab itu, dengan album Cantik, dia berharap dapat memperkaya khazanah dan keragaman orang Maluku dalam bermusik.
"Orang Maluku ada pada semua jalur musik. Namun jarang menggeluti R & B, jadi beta mencoba mengisi kekosongan itu," ujarnya.
Untuk distribusi yang juga dilakukan secara independen, album Cantik secara serentak akan diluncurkan di Jakarta, Yogyakarta, Manado dan Ambon, pekan depan. Sedangkan promo album ini selain melalui media cetak dan elektronik, juga melalui jaringan sosial di internet.
Penyanyi bernama lengkap Marcell Alexander Tita ini dikenal sebagai vokalis yang mempopulerkan lagu Maluku Panggil Pulang (2009) bersama sejumlah rapper dari Molucca Hip-Hop Community (MHC) dan rapper Belanda Ambonwhena Aratwaman. Lagu Maluku Panggil Pulang dikerjakan secara keroyokan dan disebarkan secara cuma-cuma melalui internet. Ternyata lagu produk home studio di Ambon, Jakarta dan Yogyakarta itu dipilih mengiringi Giovanni Van Bronckhorst saat pertandingan perpisahan dengan sepakbola di Rotterdam, pasca World Cup 2010.
Bersamaan dengan lagu Maluku Panggil Pulang, Arles dkk merilis album Molukka Island Vibes. Album ini beredar luas di Belanda dan Indonesia, apalagi bisa didapat secara free download. Arles dan sejumlah kawan itulah yang ikut mendukung album Cantik.
Bagi publik Ambon, Arles tidaklah asing. Suaranya sudah sering terdengar di radio-radio swasta melalui lagu daur ulang Amper Kalelerang (Semmy Toisuta) dan Beta Balayar Jauh. Kedua lagu juga beredar secara luas di kalangan kawula muda Ambon karena memang lagu-lagu tersebut diluncurkan secara gratis. Arles membuat album Cantik, juga berkat dorongan banyak sahabat dan penggemarnya yang menanyakan album solonya.
Arles berharap, Cantik dapat memuaskan para penggemar dan publik yang selama ini sudah menanti kehadiran albumnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar